Sabtu, 13 Juli 2019


PASAL 3
PATUNG EMAS DAN DAPUR API.
UJIAN TERHADAP UMAT TUHAN.

Perbedaan antara pasal 3 dan pasal 6.  Pasal 3 tentang 3 orang pemuda dilepaskan oleh Tuhan. Sedangkan pasal 6. Daniel dilepaskan oleh Tuhan.

Pasal ini adalah suatu pelajaran bagi umat Tuhan supaya kita sebagai umat Tuhan tetap berjaga-jaga sebab iblis musuh kita tidak senang jika kita berhasil, sukses, diberkati dll.
I Pet.5:8-9. Hidup berjaga-jaga perlu ditingkatkan terutama setelah kita mendapat kemenangan. Contoh Raja Daud.

Ayat 1-3. Patung emas didirikan.
Patung ini didirikan 20 tahun sesudah pasal 2. (terjemahan septuaginta) dan terjadi pada puncak kejayaan raja Nebukadnesar. Ia menjadi sombong  dan ingin disembah. Patung dibuat dari emas seluruhnya. Suatu pernyataan menentang kehendak Allah. Yang telah dinyatakan Allah kepadanya tentang kerajaan-kerajaan yang terdiri dari emas, perak,tembaga,besi dan tanah liat. Suatu kerajaan yang menuju pada kehancuran. Nebukadnesar mau mendirikan kerajaannya yang kekal. Inilah kesombongan manusia.
 "patung emas" Patung ini  merupakan  suatu bentuk manusia yang memanjang.
 Proporsi fisik normal dari tubuh manusia adalah lima dibanding satu, namun perbandingan tinggi dan lebar patung ini adalah sepuluh banding satu. 
Ukuran patung emas. Tinggi 60 hasta, lebar 6 hasta.   tinggi dan lebar punya dasar 6. angka 6 adalah angka manusia Wahyu 13:18. Nebukadnesar punya sifat yang sama dengan antikris. Nebukadnesar kepala, antikris kaki. Emas disini mempunyai arti kekayaan. Patung ini terdiri dari emas akan disembah  Kekayaan soleman dalam 1 tahun 666 talenta emas. I Raja-raja 10:14.
Dalam kitab Wahyu jelas dibedakan .
Gereja sempurna perhiasannya adalah kemuliaan rohani. Wah. 12:1.
Gereja palsu /pelacur perhiasannya kemuliaan duniawi. Wah. 17:4.

Perhatikan  keturunan Kain Kej. 4:17-22- mengutamakan hal duniawi.
Keturunan Zet. Kej. 4:25-26, mengutamakan rohani. Lukas 3:23-38.

Sifat kekayaan duniawi.
akan binasa. Yakub 5:2, IPet.1:18.
dapat dicuri   Mat. 6:19.
dapat hilang. Yer.48:36.
tidak kekal. Amsal 27:24.

Peringatan kepada orang percaya.
Jangan menaruh kepercayaan pada harta. Ayub 31:24. I Tim.6:19.
Jangan bermegah karena harta. Yer.9:23.
Jangan melekatkan hati pada harta. Maz.62:11.
Jangan mengumpulkan harta didunia. Mat.6:19.

Ayat 4 - 7. Pentahbisan patung emas.
Para undangan.:
Wakil-wakil raja                         
Penguasa-penguasa                 .
Penasehat Negara
Bendahara-bendahara Negara.
Para Hakim
Para ahli Hukum
Para kepala daerah.
Para bupati.
9.     Masyarakat umum.

“bentara “bahasa aram Karos adalah pejabat yang ditugaskan untuk menyampaikan perintah raja.
Pentahbisan ini dimeriakan dengan alat-alat musik.
Musik merupakan sarana untuk membuat orang menyembah. Musik pertama kali ada disorga. Pemimpinnya adalah luciver  Yeh. 28:13 TL. Waktu ia dicampakkan ke bumi ia membawa musik masuk kedalam dunia. Sebenarnya musik adalah untuk Allah. Maz.33:2-3, Maz.98:6, Maz. 144:9 Maz.149:3 Maz.150:3-5. Daud membuat alat musik I Taw. 23:5.
Musik yang dipakai dalam penyembahan patung emas ini mempunyai dasar 6 yaitu 6 musik. Angka 6 adalah angka manusia Wah.13:18.

Musik ditangan hamba-hamba Tuhan/umat Tuhan akan menarik Hadirat Allah. Sehingga kemuliaan Allah turun II Taw.5:13-14. dan membuat Iblis mundur      I Sem.16:23.
Disini dapat kita lihat betapa besarnya pengaruh musik yang luar biasa  dalam pujian/penyembahan.

Ayat 8-12.Tuduhan orang-orang kasdim kepada umat Tuhan.
Menuduh dalam bahasa Ibr. Gerats. Artinya mengunya dengan fitnah.
Iblis disebut penuduh siang dan malam. Wah. 12:9-10.

3 tuduhan kepada umat Tuhan.
Tidak mengindahkan titah (pembangkang)
tidak memuja.bhs. Ingg. Serve=melayani.
tidak menyembah.

Roma 13:1-3. I Tim.2:1-2. Kita harus taat pada pemerintah. Tetapi Kisah Rsl.5:29 Tetapi kita harus lebih taat kepada Allah.
Jadi kita wajib taat pada pemerintah dalam hal-hal yang tidak berdosa.
Umat Tuhan tidak boleh melayani dewa. Roma 6:13. Tidak boleh menyembah patung Yes. 42:8.

Ayat 13-18. tiga pemuda dipanggil menghadap raja.
Mereka pada waktu itu berusia kira-kira 40 tahun.

 2 hal yang disampaikan oleh raja :
Ajakan Kompromi-   perhatikan kata  jika bersedia..”.....
Ancaman.-    perhatikan kata  jika tidak.......”

Ini berarti mereka dipaksa untuk memuja dan menyembah.
Memujamemuji ada hubungan dengan jiwa.Memuji dewa  penjajizan terhadap jiwa.
Menyembah  ada hubungan dengan roh.Menyembah dewa  penajizan terhadap roh.

Babel mau menajiskan orang percaya dalam hal :
tubuh- dengan makanan
jiwa- dengan pujian kepada berhala
roh- dengan sembahan kepada berhala.

Kita harus beribadah kepada Allah secara kudus tubuh, jiwa dan roh.
Tubuh telah ditebus- I Kor. 6:20 Sebab itu kita harus muliakan Allah.
Jiwa telah ditebus Lukas 1:46-47 harus memuliakan Allah.
Roh  telah ditebus I Kor.6:20 (bhs.Ing.) harus memuliakan Allah.
Dengan tubuh kita memuliakan Allah antara lain dengan menyanyi(to sing).Menyanyi menurut kamus BI. Mengeluarkan suara bernada, lagu. Menyanyi bagi Tuhan. I Taw.16:23, Maz.13:16.96:1 contoh Maz.50:23.
Dengan jiwa kita memuliakan Allah antara lain dengan puji-pujian ( to praise). Memuji  menurut kamus BI melahirkan keheranan dan penghargaan kepada sesuatu. Wah.4:11,5:12,7:12,Maz.66:17.
Dengan roh kita menyembah Allah (to worship) menyembah
      menurut kamus BI menghormati dan mengangkat sembah.
memuja kepada Tuhan.
Takluk, mengakui dibawah perintah.
hanya kepada Allah.patut disembah.Wah.4:10.
Pddk sorga menyembah Wah. 4:10,5:14.
Malaekat menyembah Ibr.1:6.
Menyembah dalam roh dan kebenaran Yoh.4:23,24.


Prinsip tiga pemuda.
"Tuhan tolong atau tidak, kami tidak akan menyembah Raja dan patung".
Mereka lebih memilih beribadah kepada Allah daripada menyembah berhala.
Mereka tahu rahasia berkat dari beribadah kepada Allah.
Perhatikan Dan 3:17-18 ALLAH KAMI YANG KAMI PUJA SANGGUP MELEPASKAN KAMI.
Sindiran iri hati para peramal dan ancaman-ancaman penuh kemarahan dari raja Nebukadnezar tidak menakuti ketiga pemuda ini untuk memperlunak pendirian pribadi mereka.

Mereka malah memberikan kesaksian yang berani dan sangat terus-terang tentang kesetiaan mereka kepada satu-satunya Allah yang benar. Mereka mempunyai pengharapan dan iman yang terpaut pada Dia yang adalah perlindungan dan kekuatan mereka (Mazm 46:2; 56:5*).

Mereka juga tahu bahwa murka Allah terhadap dosa dan ketidaktaatan jauh lebih hebat daripada kemarahan manusia (bd. Im 26:1-46; Ul 28:1-68*). Jadi, sebagai ungkapan iman yang kokoh, kepercayaan mutlak dan kesetiaan penuh kepada Allah, mereka mengatakan, "seandainya Ia tidak menolong." Mereka memiliki iman yang mengandalkan dan menaati Allah tanpa menghiraukan akibat-akibatnya.
Ketaatan dan kepercayaan yang tabah kepada Allah, dan bukan terutama pengalaman kebebasan, memberikan bukti sejati iman alkitabiah. Sebagaimana banyak orang kudus dalam Alkitab, iman ketiga sahabat ini diuji amat sangat.

Janji Tuhan jika beribadah kepada Tuhan yang benar :
Tuhan memberkati Kel. 23:25.
Ada perjanjian untuk sekarang dan yang akan datang I Tim.4:8.
Besar keuntungan I Tim.6:6.
Ada perbedaan antara orang beribadah dan tidak. Mal. 3:16.

Penolakan dari tiga pemuda menyebabkan murka raja. Wah.12:17.  7x dipanaskan  lambang sengsara yang sempurna Mat 24:21

Ayat 19-25. Beribadah kepada Tuhan mempunyai resiko. Raja menjadi sangat murka. Tapi Allah sanggup menjaga orang yang beribadah kepadanya. I Pet.1:5 I Pet.5:7. Allah setia memelihara I Tes. 5:23-24, II Tes.3:3.

Pemeliharaan Allah diberikan kepada:
Yang dengar-dengaran Amsal 1:33.
Yang bersungguh-sungguh 2 Taw. 16:9a
Yang bertobat Ayub 22:21-30.
Yang teraniaya Maz.9:10.
yang miskin Maz.14:6, 72:12-14.

Tiga orang yang dibuang keperapian tetapi kelihatan empat orang. Yang keempat adalah Anak Allah yaitu Yesus Kristus. Mat.28:20. Yes.41:10. bauh kebakaranpun tidak ada pada mereka(anti api). Yes.43:2.

Ayat 26-27. .
Nebukadnesar mengakui bahwa Sadrak Mesak dan Abednego adalah Hamba Allah yang maha tinggi.  lebih tinggi dari raja.
Banyak orang menyaksikan pembelaan Allah kepada orang benar.

 Ada 2 keistimewaan dari Sadrak, Mesak, dan Abednego yaitu
Iman.....  Allah yang kami layani Sanggup.....Mark.11:24 belum dilepaskan tetapi mereka sudah yakin.II Pet.2:9, II Tim4:18.
Penyerahan..... tetapi seandainya tidak?....... terserah Tuhan.
                           
Jika harus mati itu sudah kehendak Tuhan. Mat.10:28.
Jadi untuk menghadapi tekanan dari iblis diperlukan Iman Wahyu 14:12 dan penyerahan Wahyu 12:11- tidak mengasihi nyawa.

Akibat dari iman dan penyerahan Sadrak Mesakh dan Abednego.
Menjadi kesaksian yang hidup. Ayat 26-28.
Kebebasan beribadah diberikan. Ayat 29.
Mereka dipermuliakan  ayat 30.

28. Akibat terhadap Nebukadnesar. Pernyataan ini sangat mirip dengan 2:46-48. Ini adalah ledakan dari seorang politeis yang ketakutan dalam menghadapi kuasa Allah.

Nebukadnesar memuji Allah.
Nebukadnesar mengakui bahwa org.benar disertai Allah. Maz.34:8.
Nebukadnesar mengakui jika menyembah Allah yang disembah oleh Sadrak Mesak dan Abednego akan dipelihara oleh Allah.
Keteguhan iman dan penyerahan mereka membuat Allah ditinggikan, dan dipuji-puji.
Yesaya 43:21.

Ayat 29.
 Nebukadnezar mengakui keunggulan Allan Israel karena tidak ada allah lain yg dapat melepaskan secara demikian itu . Walau ia maju selangkah dari yg dikatakannya dalam Daniel 2:47, Ia belum berbicara dari hati yg sungguh-sungguh percaya.

Perintah Raja.
Nebukadnesar mengeluarkan suatu perintah. Siapa yang menghina Allahnya Sadrak Mesak dan Abednego akan dipenggal-penggal kepalanya dan rumahnya akan dirobohkan.  "akan dipenggal-penggal" Ini adalah bentuk eksekusi kuno, seperti juga dibakar (lih. Dan 2:5; I Sam 15:33)."rumahnya akan dirobohkan menjadi timbunan puing" Ini juga merupakan bentuk kuno dari hukuman dan penghinaan (lih. 6:11).

Hasil dari iman.
Suatu dekrit/perintah yang sangat mengherankan yaitu UMAT ALLAH mendapat persetujuan dan jaminan keamanan dalam beribadah.

Ayat 30. Hasil iman dari Sadrak Mesak dan Abednego.
Nebukadnesar memberi kedudukan yang tinggi kepada Sadrak Mesak dan Abednego.
I Tim. 6:6. sesudah penderitaan ada kemuliaan. II Kor.4:17. Roma 8:17. Wah.20:4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar